Saturday, May 12, 2012

Pondasi Batu

Sebelumnya telah saya posting mengenai komponen bangunan, jika membacanya silahkan lihat disini tapi kalo sudah membacanya, tinggal melanjutkan share pengetahuan berikutnya di psotingan ini.

Kali ini saya mencoba share mengenai pondasi batu yang merupakan salah satu komponen bangunan yang termasuk kedalam komoponen utama pada sebuah bangunan. Dari kata "Pondasi" saja mungkin kita sudah dapat membayangkan apa yang dimaksud pondasi itu, Ya..Pondasi adalah salah satu komponen struktur yang berfungsi mendistribusikan beban-beban yang bekerja diatasnya terhadap tanah pendukungnya, baik beban hidup maupun beban mati.

Pondasi terdiri dari berbagai macam dan type, dan untuk menentukan jenis pondasi yang akan digunakan sebagai dasar sebuah bangunan, perlu diketahui kondisi tanahnya dalam hal ini untuk mengetahui seberapa besar daya dukung tanah tersebut untuk menerima beban kumulatif suatu bangunan.

Sesuai dengan judul postingan ini, kita share pengetahuan tentang pondasi batu kali, dan untuk lebih bisa memvisualkan bentuk pondasi batu kali secara umum, berikut gambar dan penjelasannya :
Dimulai dari bagian paling bawah :
  • Pasir Urug : Berfungsi untuk meratakan permukaan tanah dan menstabilkan tanah untuk perletakan pasangan pondasi. Ketebalan urugan ini berkisar sekurang-kurangnya 10 cm atau sesuai dengan kebutuhan perencanaan.
  • Aanstamping / Batu Kosong : ini merupakan pasangan batu kosong tanpa adukan yang berfungsi memperluas daerah beban yang bekerja, sehingga pondasi dapat menerima beban yang lebih besar. Bagian celah susunan batu ini diisi dengan pasir urug dan siraman air untuk meratakannya.
  • Pasangan Batu Belah : Merupakan susunan batu belah yang disusun menggunakan spasi/adukan semen dan pasir yang disatukan dengan air menjadi pasta. Pasangan batu kali ini berfungsi sebagai penerima beban dari struktur diatasnya dan kemudian diteruskan ke tanah sebagai pendukungnya.
  • Sloof : Adalah Beton bertulang yang berbentuk balok tertumpu langsung pada pondasi atau pada tanah (Sloof gantung). Sloof berfungsi meratakan beban-beban yang bekerja diatasnya dan mendistribusikan kepondasi. Selain itu sloof juga berfungsi sebai pengikat pasangan dinding diatasnya.
Nah, semoda dengan penjelasan diatas sekarang mulai tau apa itu pondasi batu dan apa funsgsi masing-masing komponen pada pondasi batu tersebut, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan untuk komentar, silahkan sampaikan dengan bahasa yang baik dan sopan ya...silahkan....!!!