Saturday, May 5, 2012

Komponen Bangunan

Hari ini saya mencoba untuk memulai share pengetahuan tentang tehnik bangunan atau lebih enak di sebut teknik sipil, dimana pengetahuan ini berbica mengenai bangunan secara umum, baik dari segi perencanaan maupun dari segi pelaksanaan dan pengawasan.

Untuk mengawali sharing kita kali ini, kita mulai dengan pengenalan komponen-komponen pada sebuah bangunan, dari bangunan sederhana insyaallah sampai bangunan yang tidak sederhana.

Secara garis besar komponen bangunan terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu :

Komponen Struktural
Komopnen struktural merupakan komponen utama dalam sebauah bangunan, yang menjadikannya berdiri kokoh, apabila salah satu komponen tersebut dihilangkan, maka bangunan tersebut akan mengalami kerusakan atau runtuh.
Adapun komponen struktur tersebut sebagai berikut :

  1. Struktur Pondasi
  2. Struktur Rangka / Portal
  3. Struktur Atap
Komponen non Struktural
Komponen tersebut dapat dibilang sebagai aksesoris atau opsional saja, karena ada atau tidak komponen tersebut tidak berpengaruh berarti terhadap kerusakan bangunan, hanya saja jika tidak ada komponen tersebut, bangunan nampak kurang indah dipandang dan ditempati.

Komponen non struktur tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Lantai
  2. Instalasi Listrik dan Air
  3. Finishing
  4. Spesial konstruksi
Setelah kita mengetahui komponen-komponen dalam bangunan tersebut, maka kita mungkin akan lebih dapat memvisualkan seperti apa bangunan itu.

Pada postingan berikutnya, saya akan kembali share tentang masing-masing komponen bangunan itu, sehingga kita bisa lebih tau dan memahami secara jelas.

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan untuk komentar, silahkan sampaikan dengan bahasa yang baik dan sopan ya...silahkan....!!!